Komponen Filter Dalam Motor Yang Mesti Dirawat

Perawatan normal untuk kendaraan, salah satunya adalah pemeriksaan ruang mesin. Ya, terkadang lebih dikenal dengan istilah tuning. Mengapa ini penting? Kami kutip dari Trijaya Part Motor hal ini dikarenakan mesin sepeda motor mudah terkena kotoran atau debu yang dapat masuk ke area internal mesin. Oleh karena itu, produsen telah memberikan perlindungan sebagai filter untuk mengurangi ancaman ini dari setiap elemen eksternal mesin.

Elemen eksternal yang dibutuhkan untuk mesin ini adalah bahan bakar, yaitu bahan bakar, udara dan oli yang merupakan asupan utama mesin sepeda motor. Masing-masing memiliki filter kotoran yang perlu Anda awasi. Nah, kita akan bahas berdasarkan elemen eksternal yaitu cara masuknya kotoran, debu atau kotoran ke mesin.

Bahan bakar

Kita akan mulai dengan media minyak fosil ini saudara. Ternyata bahan bakar yang kamu beli dari Pertamini tidak menjamin bensin yang dijual bebas dari kotoran mikro lho. Ini karena ketika mereka mengisi bahan bakar tangki tidak disertai dengan filter atau semacam filter. Lebih parah lagi, untuk pertama kali di dalam botol, sebelum dialihkan ke botol, bensin yang mereka beli dari SPBU Pertamina biasanya dikumpulkan dalam kaleng atau kaleng. Kedua hunian sementara ini memiliki resiko kotoran yang sama. Cara yang sama juga dilakukan pada tangki kaleng, terkadang karat bisa bercampur dengan bensin.

Tapi jangan khawatir, setiap motor baru (terutama injeksi) sudah dilengkapi filter bensin. Filter ini akan menghilangkan kotoran yang dapat mengganggu mesin sebelum dialirkan ke karburator atau injektor. Oleh karena itu seiring berjalannya waktu filter akan menjadi kotor dan hal ini dapat mengganggu distribusi bensin ke karburator atau injektor. Oleh karena itu, inspeksi filter bensin juga perlu dijadwalkan secara berkala.

Udara

Ini adalah cara termudah untuk memasukkan kotoran ke dalam mesin, itulah sebabnya filter udara bekerja dengan sangat mudah sehingga menjadi kotor. Seiring waktu, debu dan kotoran akan menumpuk dan mengganggu pasokan udara bersih yang ideal. Singkatnya, tersumbat. Jika ada penumpukan kotoran yang tidak biasa, udara dan bagian bensin secara otomatis tidak seimbang. Apa pengaruhnya terhadap mobil? Tembakannya lambat, juga membuang bensin.

Oleh karena itu, setiap kali penyetelan diperbaiki, mekanik akan membersihkan filter ini. Namun pada beberapa mesin, pembersihan ini tidak bisa dilakukan selain mengganti bagian filter. Biasanya model filter ini memiliki lapisan oli di permukaan filter. Usahakan untuk memasang saringan udara dengan benar, karena kotoran yang masuk melalui saringan tidak bisa lagi keluar melalui asap knalpot.

Oli

Fungsi utama oli adalah sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen. Namun seiring bertambahnya usia mesin dan bertambahnya usia oli, maka komponen gesekan akan terus muncul. Seperti kopling motor manual. Sisa linen akan tercampur dengan minyak. Namun kotoran ini masih bisa tertangani oleh filter oli yang biasanya terdapat di bagian bawah mesin. Seiring waktu, filter oli ini memerlukan penggantian berkala karena penggunaan mesin mencapai jarak tempuh yang ditetapkan oleh produsen. Untungnya, waktu penggantian filter oli ini lebih lama daripada waktu penggantian oli berkala. Biasanya filter oli diganti setelah 4-5 penggantian oli. Itu juga tergantung dari umur, jenis dan jenis motornya. Agar sirkulasi oli tetap dalam kondisi baik, jelas filter oli perlu diganti berkala, agar tidak tertipu Paket Bengkel Motor dari Trijaya Part adalah solusinya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *