Pakai Cara Ini Kalau Mau Pengajuan Pinjaman Online Diterima

Iklan layanan pinjaman online yang meningkat dua kali lipat di Indonesia. Bahkan, mereka menawarkan pinjaman dengan aplikasi dan prosedur penarikan yang sederhana dan langsung. Namun, bukan berarti setiap lamaran akan disetujui begitu saja. Pemberi pinjaman uang online yang aman biasanya terlebih dahulu melalui proses verifikasi untuk menilai kelayakan kredit calon pelanggan. Jika dirasa tidak sesuai atau tidak memenuhi syarat, calon debitur tidak dapat disetujui. Jadi meskipun Anda memiliki slogan “pinjam uang online cepat habis”, aplikasi Anda masih memiliki opsi untuk ditolak.

Untuk itu, penting untuk mengetahui trik-trik berikut ini, agar pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh pemberi pinjaman yang dituju.

Memenuhi ketentuan yang disebutkan sebelumnya

Setiap lembaga kredit pasti memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah dalam hal usia, pendapatan dan tempat tinggal. Misalnya pinjaman online Kredivo memiliki ketentuan sebagai berikut:

  1. Usia minimal 18 tahun
  2. Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan
  3. Berbasis di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon dan Sukabumi

Setiap pemberi pinjaman online tentunya memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Untuk ini, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda bisa memenuhi syarat. Atau, aplikasi Anda akan terus ditolak.

Lengkapi dokumen Anda dan pastikan Anda memfotonya dengan jelas

Sesuai dengan namanya, untuk pinjaman online proses pengajuan kredit tersebut juga dilakukan secara online. Kebanyakan, Anda akan disuruh untuk menh-upload dokumen berupa bukti alamat (KK dan STNK), bukti penghasilan (rekening koran dan slip gaji) yang sudah difoto. Jika Anda ingin meminjam uang secara online dengan cepat, proses seleksi ini perlu dipertimbangkan. Sebabnya, lembaga pemberi pinjaman online akan berhati-hati dalam memilih dokumen calon klien.

Untuk meminimalisir risiko dokumen yang tidak terbaca, Anda dapat memilih layanan pinjaman online yang mempermudah proses pendaftaran, seperti Kredivo yang memberikan opsi pendaftaran cukup dengan menghubungkan akun digital (akun e-commerce dan internet banking), sehingga tidak perlu ambil dokumentasi pendukung.

Pastikan situasi keuangan dan rasio hutang terhadap PDB dalam keadaan baik

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan keadaan keuangan Anda baik dan rasio utang / PDB masih normal. Ini penting untuk diperhatikan. Jika pemberi pinjaman konvensional mengandalkan skor kredit untuk memverifikasi kelayakan Anda, pemberi pinjaman online akan memeriksa situasi keuangan Anda terlebih dahulu.

Seperti Kredivo misalnya. Dalam menilai kesesuaian pelanggan, Kredivo telah membangun teknologi penilaian kreditnya sendiri, yang mampu menghasilkan skor kredit seseorang berdasarkan sidik jari pengguna yang diproses dengan teknologi pembelajaran mesin. Jejak digital ini dapat mencerminkan bagaimana aktivitas keuangan harian atau bulanan Anda.

Jika keuangan Anda terlihat lebih besar dari saham, kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan diterima. Rasio hutang / PDB juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Idealnya, rasio hutang terhadap PDB Anda tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan bulanan Anda. Selain itu, situasi keuangan Anda mungkin dianggap tidak sehat dan pemberi pinjaman online mungkin menolak aplikasi Anda. Jika masih ada utang yang belum dilunasi, sebaiknya lunasi dulu utang tersebut dan tunda niat untuk mengajukan pinjaman kembali.

Meminjam uang secara online bukan hanya slogan perusahaan. Nyatanya, banyak orang sudah membuktikannya. Untuk itu, ikuti dulu beberapa cara di atas agar lamaran Anda bisa dengan mudah diterima. Jangan lupa juga untuk mengajukan pinjaman dari lembaga kredit online yang memiliki jaminan keamanan seperti Kredivo.

Kredivo adalah layanan pinjaman online yang memberikan batas kredit hingga Rp 30 juta, yang dapat digunakan untuk pembelian di lebih dari 200 mitra e-commerce Kredivo, dan dikirimkan secara tunai dengan proses pembayaran instan. Keamanan bertransaksi di Kredivo terjamin, karena Kredivo terdaftar di OJK dan menggunakan sistem enkripsi yang melindungi semua data nasabah.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *