Passing Grade Berbagai Jurusan di ITB

Siapa yang tidak tahu ITB? Perguruan tinggi satu ini merupakan perguruan tinggi yang tergolong tua di Indonesia karena sudah lama berdiri, sekitar awal-awal masa kemerdekaan. Tokoh-tokoh terkemuka negara kita lahir dari institusi ini seperti Ir. Soekarno, Prof. Habibie, dan Aburizal Bakri.  Sebagai informasi, kali ini kita akan membahas tentang passing grade berbagai jurusan di ITB. Namun, tak kenal maka tak sayang kan? Untuk Anda para calon mahasiswa, yuk kita kenali ITB lebih jauh di sini.

Profil ITB

ITB merupakan singkatan dari Institut Teknologi Bandung yang sesuai namanya, berada di Bandung, Jawa Barat. Nama ITB tersebut diresmikan pada 2 Maret 1959. Bersama dengan berbagai universitas ternama lainnya di Indonesia seperti UI, ITS, IPB, maupun UGM dan Unair, ITB resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) pada 14 Oktober 2013.

Sebagai akibat pecahnya perang dunia pertama dulu sekali, ketika Indonesia masih menjadi bagian dari Dutch East Indies bentukan kolonial Belanda, ITB dibentuk atas prakarsa masyarakat. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik di nusantara karena hubungan Belanda dan jajahannya terhambat. Kampus utamanya adalah kampus Ganesha, namun pada 2010 ITB mulai memperluas jangkauannya dan membuat kebijakan multikampus seperti kampus Jatinangor dan sebagainya.

Fakultas, Jurusan, serta Passing Grade ITB

Passing grade di ITB bergantung pada jurusan yang ingin Anda ambil. Ini juga bergantung pada akreditasi, prestasinya, hingga capaian mahasiswa yang berada di dalamnya. Beberapa jurusan di ITB tentu ada yang masih memiliki akreditasi B karena baru dibentuk sehingga passing grade-nya cukup rendah.

Adapun jurusan-jurusan tua tentu memiliki passing grade yang cenderung tinggi. Anda perlu mengetahuinya agar tidak salah meletakkan pilihan sebagai berikut.

Oh ya, sebagai tambahan, yang bisa Anda pilih saat tes masuk di ITB bukan jurusannya, namun sekolah atau fakultasnya. Adapun jurusannya sendiri baru bisa Anda pilih di tingkat kedua. Jika Anda lolos seleksi, Anda akan diarahkan untuk belajar selama setahun di fakultasnya terlebih dahulu.

  1. FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) 56,5%
  2. SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan) 55,2%
  3. FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) 58,7%
  4. STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) 65,7%

Untuk informasi lebih lanjut, cari tahu di situs dosenpintar.co.id. Masih ada banyak lagi jurusan dan passing grade ITB yang dijelaskan di sana. Anda juga bisa mengetahui passing grade universitas-universitas ternama lainnya.

Selamat berusaha ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *