Pengertian Hipospadia dan Penyebabnya

Pernahkah kamu mendengar hipospadia sebelumnya? Penyakit apakah itu? Pengertian hipospadia menurut alodokter.com adalah suatu kelainan di mana letak lubang kencing pada bayi laki-laki tidak normal. kondisi ini merupakan kelainan bawaan sejak lahir. Pada kondisi normal, uretra terletak tepat di ujung penis, tetapi bayi dengan penyakit ini memiliki uretra yang berada di bagian bawah penis. Jika tidak ditangani, penderita hipospadia bisa kesulitan buang air kecil atau berhubungan seksual ketika sudah dewasa nantinya. Dilansir dari hellosehat.com pengertian hipospadia adalah kelainan pada lokasi lubang bukaan penis atau uretra yang justri ada di bagian bawah, bukan pada ujung penis seperti umumnya. Uretra adalah ssaluran yang mengalirkan urin keluar dari kantong empedu melalui penis. Penyakit ini merupakan kondisi yang dapat menyebabkan ketidaksuburan jika tidak ditangani dengan benar.

Setelah mengetahui pengertian hipospadia, kamu juga perlu tahu penyebab penyakit ini. Apa yang menjadi penyebab penyakit ini terjadi? hipospadia terjadi ketika perkembangan saluran lubang kencing atau uretra dan kulup penis terganggu, waktu di dalam kandungan. Belum diketahui penyebab pasinya, namun ada beberapa faktor yang dikaitkan dengan penyakit ini seperti sang ibu yang mengandung pada saat berusia tiga puluh lima tahun ke atas, ibu yang menderita obesitas atau diabetes saat hamil. Diabetes saat hamil atau yang disebut juga dengan diabetes gestasional adalah diabetes yang muncul pada masa kehamilan dan hanya berlangsung hingga proses melahirkan. Ini dapat terjadi di usia kehamilan berapa pun, namun lazimnya berlangsung di minggu kedua puluh empat sampai minggu kedua puluh delapan pada masa kehamilan. Kondisi selanjutnya adalah ibu yang terpapar asap rokok atau pestisida saat hamil dan ibu yang menjalani terapi hormon untuk merangsang kehamilan. Faktor lainnya adalah memiliki keluarga yang pernah mengalami hipospadia dan anak yang terlahir secara prematur, juga dapat membuat seorang anak memiliki penyakit ini. 

Lalu apa saja gejalanya? Kondisi hipospadia pada setiap penderita dapat berbeda dengan penderita lainnya. Pada sebagian besar kasus, lubang kencing terletak di bagian bawah kepala penis dan sebagian lainnya memiliki lubang kencing di bagian bawah batang penis. Akibat letak lubang kencing yang tidak normal, anak dengan penyakit ini akan mengalami gejala seperti kulup yang hanya menutupi bagian atas kepala penis, bentuk penis yang melengkung ke bawah dan percikan ureine tidak normal saat buang air kecil.  

Kebanyakan bayi dengan hipospadia adalah bayi yang didiagnosa setelah ia lahir dan masih di rumah sakit. Meski begitu, penyakit ini yang tidak begitu berat biasanya tidak terlihat, kamu dapat menghubungi dokter jika kamu menyadari bahwa muara uretra anak kamu tidak terletak di ujung penis, kulit penutup penis tidak berkembang secara sempurna atau penis melengkung ke bawah. 

Itulah hal-hal yang mungkin dapat kamu ketahui tentang penyakit ini seperti pengertian hipospadia dan penyebabnya serta gejala yang menyertai penderitanya. Ini tentunya bukan penyakit yang dapat diremehkan karena dapat menyebabkan seseorang mengalami kemandulan dan bermasalah dalam proses reproduksinya. Oleh karena itu, jika anak laki-lakimu mengalami gejala seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, segeralah tangangi dengan cara berkonsultasi pada dokter. Kamu dapat menanyakan hal-hal yang bersangkutan dengan penyakit ini dan mendapatkan solusi dari masalahmu. Jangan biarkan penyakit ini begitu saja karena tentunya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh anakmu. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *