Pentingnya Splinting Untuk Mengatasi Berbagai Cedera di SehatQ.com

Saat ini semua orang bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan dengan mudah. Terlebih kecanggihan internet telah merubah segalanya. Anda lebih mudah mendapatkan segala informasi yang anda butuhkan hanya dengan membuka smartphone. Namun seiring banyaknya informasi justru membuat sebagian orang bingung, memilih mana yang benar dan teruji kebenarannya.

Terlebih informasi tersebut berhubungan dengan kesehatan, jadi jangan sampai anda salah pilih informasi. Hal tersebut justru akan merugikan kondisi kesehatan anda. Nah, agar anda tidak salah mendapatkan informasi terkait kesehatan maka anda bisa kunjungi platform SehatQ.

Situs kesehatan ini sudah terbukti dan terpercaya, semua informasi yang disampaikan sudah ditinjau langsung oleh pihak kedokteran. Salah satunya informasi terkait penanganan cedera, tentu dibutuhkan informasi yang jelas. Sehingga para pengguna internet akan paham mulai dari klasifikasi cedera, prosedur penanganan, dan lainnya.

Mengenal Apa Itu Splinting Dalam Penanganan Cedera

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai splinting untuk menangani masalah cedera. Splinting merupakan salah satu tindakan medis dengan pemasangan alat splint pada bagian tubuh yang mengalami cedera. Pemasangan ini bertujuan agar bagian tubuh yang mengalami cedera ini tetap diam sehingga cedera tidak semakin parah.

Pemasangan splinting ini bisa diterapkan untuk proses penyembuhan patah tulang. Nah, dengan pemasangan splinting ini akan membuat tulang tetap sejajar dan tidak bergerak. Selain itu pemasangan alat splint ini bertujuan agar cedera tidak bengkan dan nyeri.

Pemasangan splinting ini juga berfungsi agar tulang yang patah tidak bergerak-gerak karena bisa merobek pembuluh darah, otot, dan saraf. Pemasangan ini dilakukan selama masih menunggu dilakukan penanganan dokter lebih lanjut.

Selain digunakan untuk masalah patah tulang, pemasangan splinting ini juga sangat membantu untuk penanganan cedera terkilir atau kesleo pada bagian kaki dan tangan. Pastikan pemasangan splinting dengan benar agar bisa berfungsi dengan baik dalam membantu meredakan nyeri akibat cedera.

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai proses pemasangan splinting yang benar. Selengkapnya bisa simak langkah-langkah berikut ini :

  1. Proses pertama dokter akan memberikan bantalan berupa busa untuk melindungi kulit pasien yang mengalami cedera.
  2. Selanjutnya dokter akan mencelupkan splinting ini di air dan memasangnya untuk menutupi cedera.
  3. Dokter harus melakukan pemasangan dengan benar agar lebih kuat dan kokoh. Mengingat semua itu harus disesuaikan dengan bentuk kaki atau tangan yang mengalami cedera.

Tindakan medis dengan pemasangan splinting ini digunakan untuk penanganan pertama. Ketika kondisi bengkak pada cedera sudah mereda maka langkah selanjutnya pemasangan gips. Memang ketika masalah patah tulang para pasien harus bersabar karena semuanya dilakukan secara bertahap.

Ketika sudah pemasangan splinting maka pastikan posisi tubuh yang cedera lebih tinggi dari organ jantung. Mengingat bagian tubuh yang bengkak akan membuat tekanan pada splinting meningkat. Lakukan gerakan yang lembut pada bagian cedera agar kondisinya tidak semakin kaku.

Selanjutnya di aplikasi SehatQ anda juga mendapatkan informasi terkait pemeriksaan CT Scan. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memanfaatkan mesin pemancar sinar X dan komputer untuk mengetahui struktur dan jaringan dalam tubuh. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi tulang belakang, perut, lutut, jantung, kepala dan dada.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui cedera akibat kecelakaan dan lainnya. Sehingga dengan demikian, bisa dilakukan penanganan yang lebih lanjut. Selain itu pemeriksaan ini juga digunakan untuk mengetahui penyakit kanker. Sehingga dari hasil pemeriksaan pihak kedokteran bisa melakukan perawatan medis dengan benar.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya pemasangan splinting untuk pertolongan cedera. Selain itu pemeriksaan dengan CT Scan dilakukan untuk mengetahui kondisi cedera sehingga bisa dilakukan penanganan medis yang tepat. Semua informasi kesehatan terpercaya hanya ada di platform SehatQ. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *