Proyek pencarian bilangan prima internasional

Apabila anda merupakan salah seorang pecinta matematika, terutama mendedikasikan waktu anda untuk bilangan prima. Dan saat ini anda mulai kehilangan semangat karena merasa tidak memiliki lingkungan forum yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap bilangan prima atau anda tidak memeiliki perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menemukan bilangan prima. Maka anda sebaiknya  mulai mencari tahu tentang Great Internet Mersenne Prime Search, atau lebih sering disingkat GIMPS.

Mengenal GIMPS

Great Internet Mersenne Prime Search atau disingkat GIMPS merupakan sebuah proyek kerjasama komputasi terdistribusi dengan menggunakan perangkat lunak ciptaan proyek ini bernama Prima95 dan Mprime. Perangkat lunak tersebut dapat diunduh secara bebas di internet.

Proyek ini pertama kali diprakarsai oleh George Woltman yang sekaligus sebagai pencipta perangkat lunak yang digunakan untuk menguji bilangan prima. Serta Scott Kurowski yang menciptakan server untuk perangkat lunak PrimeNet.

Sampai saat ini, GIMPS telah meng-update perangkat lunak Prime95 ke versi 29.8 yang mulai mensupport AVX-512, kotak dialog torture tes yang dimodifikasi sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang hierarki cache L1/ L2/ L3 dan mengimplementasikan pengecekan kesalahan Gerbicz yang lebih kuat dalam tes PRP, menggantikan pengujian LL sebagai jenis pekerjaan default.

Pencapaian GIMPS dalam Bilangan Prima

Proyek ini menemukan 13 bilangan prima Mersenne terbesar per November 2011, yang saat itu menemukan bilangan prima terbesar yang dinamai M43112609 sampai akhirnya rekor tersebut dipecahkan oleh seorang ahli listrik berumur 51 tahun yang bernama Jonathan Pace. Jonathan Pace telah menemukan bilangan prima terbesar saat ini yang memiliki 23 juta dijit. Bilangan prima tersebut dinamai M77232917 karena didapatkan dengan cara menghitung 2 77.232.917 – 1. kemudian berkat penemuan tersebut, Jonatah diberi dana penelitian dari GIMPS sebesar $3,000.

Sebagai bukti keseriusan GIMPS dalam menemukan bilangan prima mersenne terbesar, proyek ini tercatat telah melakukan total kalkulasi 20 TFLOPS yang menjadikan GIMPS sebagai salah satu super komputer terkuat yang ada di dunia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *