Thomas Alva Edison (Penemu dan Pengusaha)

Profil Thomas Alva Edison – Thomas merupakan seorang pengusaha dan juga penemu terhebat yang ada di Amerika Serikat. Dia menjadi penemu yang terkenal yang memiliki pikiran yang sangat hebat dari kecil. Sehingga sampai sekarang penemuan dari Thomas masih digunakan dan terus dikembangkan oleh para generasinya saat ini.

Thomas lahir pada 11 Februari 1847 di Milan, Ohio. Dia merupakan bungsu dari tujuh bersaudara, anak pasangan Samuel Ogden Edison Jr dan Nancy Matthews Elliott. Edison kecil hanya bersekolah selama beberapa pekan sebelum ibunya menariknya dan memutuskan mengajarinya sendiri.

Pada saat itu, gurunya memperingatkan Edison dianggap sebagai murid yang sering tertinggal, tidak pintar, dan dianggap tak berbakat. Selama diajari ibunya, pendidikan Edison didapatkan dari School of Natural Philosophy karya RG Parker dan The Cooper Union for the Advancement of Science and Art. Di usia 11 tahun, Edison yang belajar otodidak menunjukkan rasa ingin tahu yang besar dengan membaca berbagai buku. Baca juga: Lampu Ini Kerap Terlupakan Pemilik Mobil, Fungsinya Vital 2.

 Untuuk awal Karir

Keluarga Edison pindah ke Port Huron, Michigan, setelah pemilik telah sukses menjauhkan jalur kereta api dari Milan pada 1854, dan membuat Edison Senior kehilangan pekerjaan. Pada usia 12 tahun, Edison muda mampu meyakinkan orangtuanya untuk membiarkannya menjual koran di jalur kereta Port Huron menujuh Detroit.

 Menjadi operator telegraf

setelah menyelamatkan bocah tiga tahun Jimmie MacKenzie karena terjebak di rel kereta. Ayah Jimmie, JU MacKenzie, sangat berterima kasih sehingga dia memutuskan mengajari Edison menjadi operator. Pada tugas pertamanya di Jalur Grand Trunk, Stratford Junction.

Selama beliau bertugas, dia juga menghabiskan waktunya dengan melakukan eksperimen di laboratorium yang terletak dalam kereta. Dia mendapatkan hak eksklusif untuk menjual koran di kereta. Dibantu empat asisten, dia memublikasikan Grand Trunk Herald. Di 1866 saat berumur 19 tahun, Edison pindah ke Louisville dan bekerja bagi Western Union serta kantor berita Associated Press.

Pada waktu itu dia meminta piket malam sehingga dia bisa melakukan dua hal kesukaannya; membaca dan bereksperimen. Tetapi, kegemarannya malah mendatangkan bencana. Suatu malam Dia sedang bereksperimen dengan baterai aki ketika dia menumpahkan asam sulfur ke lantai, yang merembes hingga meja bosnya, dan membuatnya dipecat.

Menjadi seorang Penemu Saat berusia 22 tahun

Beliau berpindah ke New York dan mengembangkan penemuan pertamanya yang bernama Universal Stock Printer. Alat itu bisa menyeragamkan sejumlah transaksi saham. Perusahaan The Gold and Stock Telegraph sangat terkesan dengan karyanya. Mereka membayar hak ciptanya sebesar 40.000 dollar AS.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *