Tips Cara Pengajuan Pinjaman Online Terpercaya

Pertumbuhan pinjaman online sangat fenomenal dalam beberapa tahun terakhir. Pinjaman Fintech meningkat dua kali lipat dalam waktu singkat. Bagaimana cara pengajuan kredit online yang aman di tempat tepercaya? Pertumbuhan yang cepat ini disambut oleh banyak pihak, baik regulator, aktor, dan masyarakat, karena Indonesia kekurangan pasokan. Sumber kredit baru diperlukan, di samping bank dan perusahaan pembiayaan, di mana P2P harus menjadi alternatif baru untuk pembiayaan.

Di tengah optimisme ini, ada banyak keluhan tentang perilaku pinjaman online yang dianggap berbahaya, mulai dari tingkat bunga yang sangat tinggi, pengumpulan data yang besar, ketentuan yang tidak masuk akal hingga metode penagihan yang tidak manusiawi. Lebih buruk lagi, adalah munculnya banyak pinjaman online ilegal yang tumbuh seperti jamur di musim hujan.

Apa yang harus dilakukan ? Bagaimana cara menemukan pinjaman online yang andal?

1. Pinjaman perusahaan P2P yang terdaftar di OJK

Pinjam hanya dari perusahaan pemberi pinjaman online OJK. Dengan mengajukan pinjaman formal, calon peminjam dilindungi dari efek negatif dari pinjaman ilegal. Pinjaman resmi terdaftar OJK harus mematuhi peraturan dan hukum yang bertujuan melindungi konsumen. Peminjam yang memiliki potensi akses ke situs web OJK di mana ada daftar pemberi pinjaman online yang secara resmi diperiksa oleh OJK. Pinjam hanya dari lembaga yang secara resmi terdaftar di OJK.

Anda juga dapat memeriksa daftar pinjaman resmi di situs web AFPI yang mencantumkan semua perusahaan P2P yang terdaftar di OJK. Tidak mudah tergoda oleh tawaran kredit yang manis dan mudah sebelum memastikan bahwa itu berasal dari lembaga resmi dan bukan dari lembaga ilegal.

2. Memiliki layanan untuk pengguna

Saat mengajukan pinjaman, yang terbaik adalah memilih perusahaan yang memiliki layanan pelanggan yang jelas dan mudah dijangkau. Misalnya, memiliki nomor telepon, lalu email, jika Anda memiliki alamat dan kantor WA. Intinya adalah bahwa jika terjadi masalah nanti, debitur dapat menghubungi dan merespons dengan cepat. Layanan pelanggan yang jelas dan mudah dijangkau juga merupakan awal dari lembaga hukum dan ilegal.

3. Mengamankan situs web dan aplikasi

Pastikan pinjaman Anda dikirimkan ke situs web yang aman dan terlindungi. Pinjaman online P2P Fintech secara resmi diminta oleh OJK untuk mengambil berbagai langkah keamanan di situs web dan databasenya untuk melindungi data pengguna, termasuk pemeriksaan lulus dan sertifikasi teknologi informasi ISO, untuk memastikan bahwa keamanan data pengguna adalah prioritas. Peminjam dapat melihat keamanan situs web dari logo kunci atau dari kunci di kiri atas, yang berarti bahwa keamanan situs aman, yang dapat menunjukkan bahwa aplikasi peminjaman uang online aman dan dapat diandalkan.

4. Pinjam berdasarkan keterampilan

Penting untuk dicatat, ketika mengajukan pinjaman berdasarkan keahlian Anda. Karena ketika pinjaman jatuh tempo, itu harus dilunasi. Pinjaman berbasis kapasitas akan memungkinkan peminjam untuk membayar tepat waktu dan tidak harus membayar biaya keterlambatan. Selain itu, meminjam berdasarkan keterampilan tidak memaksa Anda untuk “gali lubang tutup lubang” dengan mengambil pinjaman lain untuk menutup pinjaman lama.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *